Sabtu, 26 Januari 2013

Definisi asma dan gejalanya


Definisi :
Asma terjadi ketika saluran bronkial (saluran udara yang mengangkut udara masuk dan keluar dari paru-paru) menjadi meradang dan menutup. Peradangan dan penyempitan menyebabkan dinding bronkial menjadi mengencang dan saluran udara untuk mengembangkan penyumbatan lendir berlebih.


Gejala umum :
Tanda-tanda asma antara lain sesak napas, batuk, sulit tidur karena kesulitan pernapasan, nyeri atau sesak di dada, dan mengi atau bersiul saat bernafas. Tingkat keparahan gejala bervariasi antara individu.


Serangan Asma :
Serangan asma terjadi ketika saluran bronkial menutup terlalu banyak, sehingga sesak napas dan oksigen berkurang diangkut ke organ. Serangan asma yang parah dapat menyebabkan kematian.


Gejala Progresi :
Indikasi asma memburuk termasuk serangan asma lebih sering dan severer, kebutuhan yang lebih besar untuk bronkodilator (obat yang membuka tabung bronkial) dan menurunkan tingkat peak-flow (pengukuran fungsi paru-paru).


Pertimbangan :
Gejala asma cenderung lebih parah selama larut malam dan pagi. Alergen, iritasi, berolahraga, infeksi dan cuaca juga dapat memperburuk kondisi.







0 komentar:

Posting Komentar