Jumat, 01 Februari 2013

Fungsi garam untuk mencegah demam dan infeksi

Berkumur dengan air garam bukan hanya cara yang efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan radang akibat flu biasa, tetapi juga dapat melindungi Anda dari infeksi pernapasan bagian atas yang tidak nyaman,Dalam sebuah artikel tahun 2005 berjudul "Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Atas dengan berkumur: Sebuah Percobaan Acak," peneliti Jepang di Kyoto University School of Public Health mencatat bahwa subjek tes yang berkumur teratur mengalami penurunan 40 persen dalam infeksi saluran pernapasan atas dibandingkan dengan peserta yang tidak mengikuti tes ini.
Berikut ini langkah-langkah yang harus anda perhatikan :

  1. Hangatkan air dalam panci di atas kompor. Air tidak perlu mendidih, tetapi harus panas sehingga mulut anda dapat mentolerir.
  2. Tuangkan air panas tadi kedalam gelas
  3. Tambahkan 1/2 sdt. garam ke air hangat, dan aduk sampai larut sepenuhnya.
  4. Tuangkan sekitar 2 sdm. dari larutan garam ke dalam mulut Anda,kumurkan dengan merata di dalam mulut, Miringkan kepala Anda kembali, dan biarkan larutan menetap di bagian belakang tenggorokan Anda.
  5. Berkumur selama 10 sampai 30 detik diantara tenggorokan, kemudian muntahkan larutan, Ulangi proses ini dengan larutan yang masih tersisa, jika diinginkan
Untuk pencegahan demam, ulangi langkah-langkah tersebut tiga kali sehari. Jika Anda sudah memiliki gejala flu, berkumurlah setiap dua sampai empat jam.
Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C.

0 komentar:

Posting Komentar